SOCIAL NETWORKING
Selasa, 29 November 2011
Social Networking digunakan untuk menyebutkan sebuah website berbasis jejaring sosial artinya suatu website yang memungkinkan adanya interaksi antara anggota atau pengikut dari website tersebut secara penuh, saat ini website jejaring sosial merupakan website yang paling banyak mendapatkan kunjungan setelah website search engine, bahkan dalam beberapa kondisi tertentu website jejaring sosial merupakan website yang memiliki tingkat kunjunagn tertinggi, sebut saja Facebook, saat ini facebook merupakan website yang paling banyak di kunjungi dibeberapa negara, termasuk di Indonesia.
~
Social Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi.
a. BBM
Dijaman modern ini, Social Networking atau Jaringan Sosial telah menjadi tren bagi setiap orang, khususnya para anak muda. Dengan munculnya situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Foursquare, dan lainnya, semakin menumbuhkan semangat untuk selalu menjaring teman sebanyak mungkin.
Tak hanya pada dunia internet, kini Social Networking juga merambah ke dunia seluler. Ya, muncul nya vendor telepon selular RIM Blackberry, dengan aplikasi inovasi nya yaitu BlackberryMessenger (BBM), kini semakin banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaring teman untuk keperluan bisnis, atau pun hanya sekedar memperbanyak teman chatting.
BlackBerry Messenger adalah program pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.
b. FB
FB facebook merupakan jejaring sosial yang baru-baru ini lagi ngetren dan lagi booming di seluruh dunia di mana jejaring sosial fb ini banyak sekali yang menggunakannya tidak hanya kaum remaja saja, mulai dari anak kecil hingga dewasa semua menggunakan FB.
FB sendiri sangat mudah di gunakan mulai dari mendaftar, mencari teman bahkan bermain game pun di sediakan di FB. Mungkin dengan tampilan mudah pengguna fb memilih jejaring sosial yang merupakan situs urutan pertama yang banyak di cari.
Cara mendaftar FB sangat mudah sekali, tinggal kunjungi situsnya yakni www.facebook.com dengan mengisi nama depan, nama belakang, email, pasword dan jenis kelamin serta tanggal lahir. Nah habis mengisi itu semua fb sudah bisa di gunakan dan mudah mencari temen-temen dengan mencari nama temen yang mau di add. Nah mudah bukan, silahkan mulai daftar fb di www.facebook.com.
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
c. Skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.
Chat/ngobrol dalam group sudah seperti chat langsung, anda juga bisa menggunakan Skype untuk chat/ngobrol, dan bukan hanya ngobrol dengan 1 orang saja, menggunakan fasilitas chat group bisa langsung paling banyak chat/ngobrol pada saat bersamaan dengan 100 orang. Jika anda menikmati obrolan dalam group, anda bisa memberi tanda khusus/pembatas, untuk memudahkan lain kali bergabung lagi, sangat cocok untuk ngobrol atau menjaga hubungan komunikasi dengan keluarga atau untuk keperluan bisnis lainnya.
Skype bisa dipakai pada sebagian besar komputer yang menggunakan Windows, Mac OS X, Linux dan Pocket PCSkype. Pada sebagian komputer ini bisa saling berkomunikasi, ngobrol atau pengoperan data Dengan akses internet bisa secara gratis berkomunikasi dengan semua pemakai Skype, merupakan keuntungan yang bisa didapat seumur hidup
Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.
Keunggulan
Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.
d. Linked ln
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006 .
Technical Product Manager LinkedIn, Jonathan Seitel mengatakan bahwa tujuan LinkedIn menambahkan tombol “Apply With LinkedIn” tersebut adalah untuk membantu setiap profesional pengguna LinkedIn untuk Apply diri pada suatu lowongan pekerjaan.
Bagi perusahaan yang tengah mencari pegawai baru, fitur “Apply With LinkedIn” ini merupakan sebuah fitur yang akan sangat memudahkan perusahaan dalam mengelola lowongan pekerjaan dan juga mengelola setiap pelamar pekerjaan. Perusahaan tak lagi harus bersusah payah melakukan check kelengkapan setiap surat lamaran pekerjaan yang diterima. Hal ini dikarenakan dari tombol “Apply With LinkedIn” itu saja, semua informasi tentang profile pelamar akan diterima oleh perusahaan. Jadi setiap perusahaan cukup mengintegrasikan tombol “Apply With LinkedIn” ke dalam website yang dimiliki saja.
Penerapan tombol “Apply With LinkedIn” didasarkan pada sebuah gagasan bahwa melamar pekerjaan menggunakan surat lamaran, mengisi form lamaran, dll adalah sebuah cara yang kuno. Mengapa harus mengisi ulang kembali form biodata diri atau cv jika semua informasi tersebut ada di profile LinkedIn? Cukup dengan menekan tombol “Apply With LinkedIn”, perusahan yang membuka lowongan pekerjaan dan pengguna yang ingin melamar pekerjaan akan sama-sama dimudahkan.
Banyak cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaaan LinkedIn untuk tujuan perkembangan karir dan usaha kita. Berikut ada beberapa tips dan trik yang dapat digunakan di antaranya ialah:
1. Meningkatkan Peluang: Dengan memperbanyak koneksi dengan anggota lainnya, peluang anda untuk mendapatkan tawaran kerjasama / bisnis akan bertambah. Buatlah profil LinkedIn yang benar-benar menunjukkan kelebihan anda sebagai seorang entrepreneur. Cantumkan prestasi, pengalaman, latar belakang kerja dan pendidikan anda dengan rinci.
2. Membuat Anda Lebih Mudah Dihubungi: Lengkapilah biodata anda sebaik-baiknya, termasuk lengkapi pula daftar perusahaan di mana anda bekerja sebelumnya, afiliasi, pendidikan dan kegiatan. Anda bisa juga menggunakan tautan menuju profil LinkedIn anda sebagai signature (tandatangan) dalam email anda. Dengan begitu, orang akan dapat dengan mudah mengetahui siapa anda dan kompetensi apa yang anda miliki.
3. Meningkatkan Google PageRank: LinkedIn memungkinkan anda untuk membuat informasi profil anda terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Karena profil LinkedIn menerima PageRank yang cukup tinggi dari Google, kesempatan anda untuk dapat diketahui orang lain semakin besar. Untuk memaksimalkan profil anda, buat profil umum dan pilihlah “Full View” serta ganti URL profil umum anda menjadi nama anda. Agar semakin banyak diketahui orang, cantumkanlah tautan ini pada berbagai situs di dunia maya. Misalnya, anda dapat mencantumkannya saat berkomentar di blog orang lain.
4. Meningkatkan Hasil Pencarian Internet: Selain nama anda, anda bisa juga meningkatkan hasil pencarian blog atau situs anda di berbagai mesin pencari seperti Yahoo! dan Google dengan mencantumkannya dalam profil LinkedIn anda.
5. Lakukan Pemeriksaan Referensi Perusahaan, “terbalik”, dan acak: Alat pemeriksa referensi LinkedIn untuk memasukkan nama perusahaan dan tahun saat orang tersebut bekerja di perusahaan untuk mencari sebuah referensi. Pencarian anda akan menemukan orang yang bekerja di perusahaan selama periode waktu yang sama. Karena referensi yang diberikan oleh seorang kandidat biasanya akan memberi kesan bagus, ini adalah cara terbaik mendapatkan data yang lebih berimbang.Perusahaan umumnya akan memeriksa referensi anda sebelum mempekerjakan anda tetapi apakah anda pernah berpikir untuk memeriksa referensi calon manajer anda? Sebagian besar peserta wawancara tidak berani untuk bertanya kepada atasan mengenai referensi tetapi dengan LinkedIn anda mempunyai cara untuk melakukan ini.
6. Menambah Relevansi Pencarian Kerja: Gunakan pencarian lebih lanjut LinkedIn untuk menemukan orang-orang dengan pengalaman atau pendidikan seperti milik anda untuk melihat di mana mereka bekerja.
7. Memperlancar Wawancara: Anda dapat menggunakan untuk menemukan orang-orang yang sedang anda temui. Mengetahui bahwa anda bersekolah di tempat yang sama, bermain sepakbola, atau sama-sama mengenal orang yang sama terdengar lebih baik dari sekedar diam dan berkata, “Saya baik-baik saja, terima kasih.”
8. Ukurlah Cerah Tidaknya Prospek Sebuah Industri: Jika anda berpikir tentang investasi atau bekerja pada suatu sektor, gunakan LinkedIn untuk menemukan orang-orang yang bekerja untuk para pesaing – atau bahkan lebih baik lagi, perusahaan yang telah ambruk. Misalnya anda mau membangun sebuah toko hewan peliharaan online, mungkin anda belajar banyak dengan berbicara dengan karyawan Pets.com atau WebVan.
9. Melacak Para Pemula: Anda dapat melihat orang-orang dalam jejaring anda yang memulai bisnis dengan melakukan pencarian lebih lanjut untuk sederet kata kunci. Gunakan penyaring “Sort By” atau “Degrees away from you” untuk melihat orang-orang yang terdekat dengan anda lebih dulu.
10. Integrasikan Dengan Pekerjaan Baru: Saat orang-orang memulai sebuah pekerjaan baru, biasanya mereka belum memiliki begitu banyak relasi di perusahaan baru. Namun, dengan LinkedInpegawai baru dapat mempelajari profil para pegawai lainnya dan membantu mereka mengenal lingkungan kerjanya lebih cepat.
11. Menyelidiki Pesaing, Pelanggan, Mitra, dsb: Bukan rahasia lagi bahwa dengan LinkedIn anda bisa melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda.
12. Minta Nasihat: Produk terbaru LinkedIn, LinkedIn Answers, memungkinkan anda meminta nasihat secara online. Produk ini memungkinkan anda untuk menyiarkan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis kepada jejaring anda dan jejaring LinkedIn yang lebih luas. Dengan ini anda akan mendapatkan lebih banyak respon yang bernilai lebih tinggi daripada respon yang diberikan dalam sebuah forum terbuka.
0 komentar:
Posting Komentar